Add Your Link - Web Directory. Add your link today. Linkok - Free Link Exchange Submit Nazent Weblog: Apr 25, 2008
Custom Search

Friday, April 25, 2008

<<< Belajar Desain >>> "How many of us belong to only one culture"

DGI turut mengundang desainer Indonesia untuk mengungkapkan opini dalam menyikapi kebebasan berekspresi "How many of us belong to only one culture" dalam intepretasi dan gaya ungkap masing-masing. Ungkapan dapat dikirim dalam format digital (format bebas namun ukuran file tidak melebihi 1MB) yang dikirim tepat pada tanggal 3 Mei sesuai dengan D-day nya World Press Freedom Day ke email bookin1day@gmail.com. Hasilnya akan dikirimkan ke pusat kampanye Loesje di Berlin untuk dibukukan bersama hasil respon serupa di berbagai pelosok dunia. Informasi selengkapnya di DGI.

__._,_.___
BELAJAR DESAIN [: designers open community]

! LETS FEEL & SHARE ABOUT ALL KIND OF DESIGN !
[ achitecture, interior, graphic, product, visual communication, art, music, dancing, theatre, photography, film & cinematography, writing, fashion, and other kind of design ]
Recent Activity
Visit Your Group
Special K Group

on Yahoo! Groups

Join the challenge

and lose weight.

Moderator Central

An online resource

for moderators

of Yahoo! Groups.

Check out the

Y! Groups blog

Stay up to speed

on all things Groups!

.

__,_._,___

[sukasukamu] sedia karung

saya menyediakan karung plastik (seperti karung beras) dalam berbagai ukuran, bisa disablon juga..
siap terima pesanan bal-balan dan pemesanan yang terus menerus :D

-----
Usaha yang sedang ditekuni:
1. http://jualkaos.wordpress.com
2. Geovision Tour Indonesia

Taufan Wiguna
Geologi ITB
085624510292

*************************************************
Milis ini disponsori juga oleh Penerbit Boki Cipta Media
Penerbit buku best seller dan kontroversial berjudul:
JANJI & KOMITMEN SBY-JK TERNYATA HANYA ANGIN?
Penulis: Rudy S. Pontoh
Lihat videonya dan bukunya di: http://janjisbyjk.blogspot.com/
Simak testimoni dari : Musdah Mulia, Sys NS, Usman Hamid,
Ratna Sarumpaet, Farhat Abbas, Ratih Sanggarwati
Wimar Witoelar, dan tokoh terkenal Indonesia lainnya.

INFO BUKU: Ketik di Google keyword: Janji SBY.

Beli bukunya di toko buku terdekat, buruan sebelum kehabisan!!
ATAU PESAN SEKARANG VIA SMS KE: 0811 185 929.-
*************************************************

__._,_.___
Keajaiban Foto-foto

#1: Foto Berbicara
Punya foto/lukisan close-up teman, pacar, istri, boss, binatang
kesayangan  atau foto Anda sendiri dan Anda ingin foto tersebut
tampak berbicara seolah2 hidup dan bisa diputar di DVD (format
DVD/PAL), komputer (format AVI atau MPEG), handphone (3GP), atau
Website (format GIF)? Percayakan kami untuk menggarapnya. Di tangan
kami foto2 Anda menjadi begitu berarti.
Silahkan lihat atau download contoh2nya di link video Google
berikut. Anda pasti terkejut:
http://video.google.com/videoplay?docid=-8818188354111934097
http://video.google.com/videoplay?docid=3950041619250500620

#2: Kartun dari Foto
Ingin foto teman, pacar, istri, boss, atau foto Anda sendiri menjadi
profil kartun animasi yang lucu dengan wajah mirip foto asli? Bisa
diputar di DVD (format DVD/PAL), komputer (format AVI atau MPEG),
handphone (3GP), atau Website (format GIF)? Sebuah hadiah kejutan
yang akan menggembirakan Anda dan orang lain. Percayakan kami untuk
menggarapnya. Di tangan kami foto2 Anda menjadi begitu berarti.
Silahkan lihat atau download contoh2nya di link video Google
berikut. Anda pasti terkejut:
http://video.google.com/videoplay?docid=6511686695203579576
http://video.google.com/videoplay?docid=7697702278365985773

HUB:
Pegagajo (Studio Cipta Kreatif)
pegagajo@gmail.com
SMS: 0811-185-929
Pejaten, Jakarta Selatan
Recent Activity
Visit Your Group
Y! Messenger

PC-to-PC calls

Call your friends

worldwide - free!

Yahoo! Groups

Latest product news

Join Mod. Central

stay connected.

Dog Groups

on Yahoo! Groups

Share pictures &

stories about dogs.

.

__,_._,___

¥ø·~¶gÂà.¤u°Ó¿Ä¸ê¡C©Ð¤l­É´Ú¡C¯Ê¿ú§ä§Ú¡C»È¦æ¤@¶¶¦ì¶U´Ú¡C

¤u°Ó¶U´ÚªA°È¡C¤G¶¶¦ì¶U´Ú¡C¤¤¤p¥ø·~¿Ä¸ê¡C±Ï«æ³t¼·¡CÀ³¦¬±b´Ú½è­É¡C
²Ä¤@¦¨¥\¸ê¿Ä¡G¢¯¢¸¢·¢¶-¢³¢·¢´-¢¯¢·¢³
¤G¶¶¦ì¶U´Ú¡C«H¥Î­É´Ú¦w¥þ§Ö­z¡CµL¶·°]¤OÃÒ©ú¡CµL¶·°]¤OÃÒ©ú¡C¥ß§Y¨ú±o¶gÂàª÷¡C
²Ä¤@¦¨¥\¸ê¿Ä¡G¢¯¢¸¢·¢¶-¢³¢·¢´-¢¯¢·¢³
¸Û«H¸gÀç¡C³Æ»ô¸ê®Æ¨³³t¼·´Ú¡C¦Û¦³¦í¦v³]©w©ñ´Ú¡C¤j¤pª÷ÃB\ªøµu´Á¶gÂà¡C©Ð¤l¿Ä¸ê¡C

[filsafat] Amandemen Kelima UUD 1945: Sebuah Keniscayaan

Amandemen Kelima UUD 1945: Sebuah Keniscayaan


scientiarum.com


Menjelang akhir 2006, Syamsuddin Haris, dalam pidato pengukuhannya sebagai profesor riset mengatakan, "bahwa kondisi politik dan ketatanegaraan Indonesia yang diwarnai mismanajemen dan ketidakteraturan sistemik yang akumulatif harus kembali diluruskan. Dalam jangka pendek, perlu dilakukan revisi undang-undang bidang politik untuk mengondisikan terbangunnya relasi kekuasaan dan perilaku kepemimpinan yang dibingkai prinsip dasar berdemokrasi dan bernegara. Sedangkan dalam jangka menengah dan panjang, perubahan (amandemen) kelima atas UUD 1945 adalah keniscayaan politik, agar bangunan sistem politik dan pemerintahan lebih efektif, stabil, dan produktif, sehingga mendekatkan bangsa ini pada cita-cita demokrasi, keadilan, dan kesejahteraan" (Kompas, 30 Desember 2006).

Pernyataan di atas langsung mendapat tanggapan, baik dari kalangan politisi maupun perguruan tinggi. Pengajar hukum tata negara Universitas Andalas, Saldi Isra, berpendapat bahwa masalah ketatanegaraan Indonesia tak mungkin hanya diselesaikan dengan perubahan undang-undang politik. Justru akan muncul masalah baru jika penyelesaiannya lewat revisi UU politik, karena bisa menyalahi konstitusi. Perubahan UUD 1945 mesti dilakukan sebagai satu-satunya pilihan untuk menyelesaikan bagian yang masih menggantung dalam konstitusi, seperti belum terjadinya check and balance dalam penyelenggaraan negara dan masih adanya lembaga yang bersifat "super" terhadap lembaga lain dalam bidang legislasi (Kompas, 2 Januari 2007).

Kemudian, beberapa mantan anggota Komisi Konstitusi (KK) menemui pemimpin MPR. Mereka mendesak agar perubahan UUD kelima segera dilakukan, karena belum ada kesempurnaan pada hasil perubahan pertama sampai keempat, yakni berupa kerancuan dalam sistem ketatanegaraan. Bahkan, ada desakan agar hasil kajian KK yang diserahkan ke MPR pada April 2004 layak dibuka kembali dan dijadikan acuan (Kompas, 22 Februari 2007).

Sementara itu, tiga partai besar peraih suara mayoritas di DPR (Golkar, PDIP, dan PPP), dalam Diskusi Dialektika Demokrasi di Gedung MPR/DPR, sependapat bahwa perubahan UUD 1945 belum dapat dilakukan dalam waktu dekat, setidaknya sampai Pemilu 2009. PDIP bahkan secara tegas menolak perubahan terhadap UUD 1945 (Kompas, 3 Maret 2007).

Apa sebenarnya pertimbangan yang mendasari dilakukannya perubahan terhadap UUD 1945? Sebagai sebuah "hukum dasar" dalam bernegara, perlu kehati-hatian dan kearifan dalam melakukan perubahan tersebut. Kehati-hatian dan kearifan itu tidak berarti menafikan berbagai kekurangan substansial dari UUD 1945 yang telah diubah sebanyak empat kali oleh MPR. Bersamaan dengan perubahan keempat pada 2002, Sidang Tahunan menelurkan TAP MPR RI Nomor I/MPR/2002 tentang Pembentukan Komisi Konstitusi. Dalam konsiderans TAP tersebut tampak adanya "pengakuan dosa" MPR menyangkut materi hasil perubahan UUD 1945 yang belum dibahas secara mendalam, teliti, cermat, menyeluruh, dan belum dikaji secara bening (transparan) dengan melibatkan masyarakat luas.

Pasca-TAP MPR tersebut, telah dibentuk Komisi Konstitusi yang keanggotaannya bersifat nonpartisan dari kalangan akademisi dan organisasi nonpemerintah pemerhati konstitusi. Komisi yang dinakhodai Guru Besar Hukum Tata Negara, Sri Soemantri, ini telah bekerja selama kurang lebih 7 bulan dengan biaya MPR dan menyerahkan hasilnya ke Badan Pekerja MPR menjelang berakhirnya masa jabatan periode 1999–2004. Sejak kehadiran MPR periode 2004-2009, tidak ada lagi kabar perihal status hasil kerja Komisi Konstitusi, sehingga beralasan jika mantan anggota Komisi Konstitusi mendesak agar hasil kajiannya dibuka kembali dan dijadikan acuan perubahan.

Substansi Perubahan

Meski telah ada kemajuan dari hasil perubahan UUD 1945, namun terdapat beberapa persoalan ketatanegaraan yang masih cukup pelik. Pertama, peran Dewan Perwakilan Daerah (DPD). Meskipun kedudukan antara DPR dan DPD setara, namun perannya belum seimbang. Padahal, semangat pembentukan bicameral system (sistem dua kamar — Red) adalah perimbangan kekuatan antara perwakilan politik (DPR) dan perwakilan daerah (DPD). Peran DPD di bidang legislasi, pengawasan, anggaran, dan rekrutmen dalam UUD 1945 sangat terbatas. Meski keduanya lembaga negara, DPR lebih tampak sebagai main organ sementara DPD sebagai supporting organ. Akibatnya, selama kurang lebih tiga tahun ini, DPD seakan-akan "hidup segan mati tak mau." Sebagai perbandingan, peran Senate sebagai Majelis Tinggi di Amerika Serikat cukup kuat dan menentukan untuk hal-hal tertentu dibandingkan dengan House of Representative.

Kedua, kewenangan legislasi DPR, khususnya pasal 20 ayat 5 UUD 1945, yang memungkinkan sebuah Rancangan Undang-undang (RUU) sah menjadi Undang-undang jika belum disahkan Presiden dalam jangka waktu 30 hari sejak disetujui bersama DPR dan Presiden. Pada satu sisi, ketentuan tersebut bermaksud membatasi ketidakmauan Presiden melakukan pengesahan RUU menjadi UU, seperti kasus yang terjadi pada masa Orde Baru. Namun, adanya beberapa UU yang berlaku tanpa pengesahan Presiden menimbulkan persoalan dari perspektif hukum administrasi negara, yaitu kurangnya pemenuhan syarat formal berupa pejabat yang berwenang mengesahkan.

Ketiga, eksistensi MPR sebagai lembaga mandiri yang mempunyai alat kelengkapan tersendiri atau lembaga insidentil sebagai joint session (sidang gabungan antara DPR dan DPD). Berkurangnya peran MPR berimplikasi pada minimnya aktivitas rutin, sehingga lebih bijaksana jika MPR dibuat semacam Kongres di Amerika Serikat, yang tidak perlu memiliki pemimpin tersendiri seperti DPR dan DPD. Pemimpin MPR dapat dijabat oleh Ketua DPR dan DPD saat kewenangan MPR ingin didayagunakan, seperti saat perubahan UUD, pelantikan Presiden dan Wakil Presiden, serta pemberhentian Presiden dan atau Wakil Presiden.

Keempat, prosedur pemberhentian Presiden dan atau Wakil Presiden. Secara umum, prosedur tersebut telah baik. Karena dengan dianutnya sistem presidensial, pemberhentian Presiden dan atau Wakil Presiden menjadi tidak mudah. Namun adanya ketentuan bahwa putusan Mahkamah Konstitusi (MK) lebih dulu dibawa dalam Sidang DPR dan MPR membuka kemungkinan adanya alternatif putusan berupa menerima atau tidak putusan MK. Jika alternatif terakhir yang dipilih, maka putusan institusi hukum akan dapat direduksi oleh putusan lembaga politik (MPR dan DPR). Mestinya sidang DPR dan MPR hanya mengesahkan putusan MK, tanpa dilakukan pembahasan kembali.

Kelima, kejelasan kewenangan Komisi Yudisial (KY). Adanya putusan MK Nomor 005/PPU-IV/2006 yang memangkas kewenangan KY di bidang pengawasan menimbulkan polemik perihal makna hakim, yang merupakan objek pengawasan KY sebagaimana diatur dalam pasal 24B ayat 1 UUD 1945. Oleh karena lembaga peradilan tidak hanya MA tetapi juga MK, maka hakikat hakim termasuk hakim di MK. Permasalahan lain berupa eksistensi KY dalam hubungannya dengan Mahkamah Agung (MA). Apakah KY sekadar lembaga penunjang dari MA atau setara dalam kerangka perwujudan kehakiman yang bebas dari "mafia peradilan" dan "korupsi yudisial?"
Keenam, eksistensi pemilu kepala daerah dan wakil kepala daerah (KDH dan WKDH). Dalam pasal 22E ayat 2 UUD 1945, pemilu diadakan untuk memilih anggota DPR, DPD, Presiden dan Wakil Presiden, dan DPRD. Juga diatur tentang penyelenggara pemilu oleh lembaga independen, yaitu KPU. Sejak berlakunya UU Nomor 32/2004, dimana pengisian jabatan KDH dan WKDH juga dilakukan dengan pemilihan oleh rakyat secara langsung, timbul persoalan perihal peran KPU terhadap KPUD sebagai penyelenggara pilkada. Pemerintah (baca: Kementerian Dalam Negeri) tidak menempatkan pilkada sebagai rezim pemilu. Padahal, secara substansi, pilkada adalah pemilu sebagaimana halnya pemilu untuk Presiden dan Wakil Presiden.

Ketujuh, status hasil kerja Komisi Konstitusi (KK). Dalam rangka mewujudkan UUD 1945 sebagai konstitusi rakyat, maka ada dua alternatif yang ditempuh: (1) hasil kerja KK dijadikan bahan masukan bagi MPR saat ini untuk melakukan perubahan UUD 1945; atau (2) MPR membentuk komisi baru, dimana hasil kerja KK dijadikan bahan persandingan sambil mengakomodir situasi kekinian sejak 2003.

Akhirnya, bertolak dari beberapa persoalan di atas, adalah tidak beralasan apabila MPR tidak berkeinginan meninjau kembali hasil perubahan UUD 1945 agar bangsa dan negara ini benar-benar memiliki UUD yang responsif dan populis. Proses perubahan mesti membuka kesempatan yang luas bagi rakyat untuk memberikan buah pemikiran, agar materi konstitusi tidak sekadar representasi dari elit politik. Beberapa materi yang telah ampuh menjaga semangat kohesivitas bangsa Indonesia yang sangat plural tetap dipertahankan untuk tidak diubah, seperti dasar bernegara, hubungan negara dengan agama, bentuk negara kesatuan, dan bentuk pemerintahan republik.

UMBU RAUTA
Dosen Hukum Tata Negara dan Otonomi Daerah Fakultas Hukum UKSW

Sumber/berita lain :


Salam,
Redaksi

Redaksi Pers Mahasiswa Scientiarum
Alamat :
Universitas Kristen Satya Wacana
Jalan Diponegoro 52-60 Salatiga
Email : redaksi@scientiarum.com
Website: http://www.scientiarum.com
Kontak Person :
08886494354, 081325228726 (Febri)
08885053612 (Satria)



Be a better friend, newshound, and know-it-all with Yahoo! Mobile. Try it now.

__._,_.___
******************************************************
Milis Filsafat
Posting     : filsafat@yahoogroups.com
Arsip milis : http://groups.yahoo.com/group/filsafat/
Website     : http://filsafatkita.f2g.net/
Berhenti    : filsafat-unsubscribe@yahoogroups.com
******************************************************
Recent Activity
Visit Your Group
Star Wars on Y!

Discover new content

Connect with other

fans & upload video.

Moderator Central

Yahoo! Groups

Get the latest news

from the team.

Dog Fanatics

on Yahoo! Groups

Find people who are

crazy about dogs.

.

__,_._,___

[sukasukamu] Bedah Novel "KALAM CINTA DARI TUHAN"

Bagi para pecinta novel….

Hadiri Bedah Novel "Kalam Cinta dari Tuhan"
Karya Ali Sobirin El Muannatsy

Keynote speaker:
- Prof. DR. Komaruddin Hidayat (Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta)

Pembicara:
1. Ali Sobirin El Muannatsy (Penulis, Peneliti P3M Jakarta)
2. Edy A Effendi (Redaktur Budaya Media Indonesia)
3. DR. Rumadi (The Wahid Institute)
4. Lulu Kece (Novelis)

Tempat:
- Studen Center UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Hari, tanggal:
- Selasa, 29 April 2008. Pukul 13.00 – Selesai

Fasilitas:
- Buku
- Snack
- Sertifikat

Buruan, jangan sampai kehabisan. GRATISSSS!!!!

*************************************************
Milis ini disponsori juga oleh Penerbit Boki Cipta Media
Penerbit buku best seller dan kontroversial berjudul:
JANJI & KOMITMEN SBY-JK TERNYATA HANYA ANGIN?
Penulis: Rudy S. Pontoh
Lihat videonya dan bukunya di: http://janjisbyjk.blogspot.com/
Simak testimoni dari : Musdah Mulia, Sys NS, Usman Hamid,
Ratna Sarumpaet, Farhat Abbas, Ratih Sanggarwati
Wimar Witoelar, dan tokoh terkenal Indonesia lainnya.

INFO BUKU: Ketik di Google keyword: Janji SBY.

Beli bukunya di toko buku terdekat, buruan sebelum kehabisan!!
ATAU PESAN SEKARANG VIA SMS KE: 0811 185 929.-
*************************************************

__._,_.___
Keajaiban Foto-foto

#1: Foto Berbicara
Punya foto/lukisan close-up teman, pacar, istri, boss, binatang
kesayangan  atau foto Anda sendiri dan Anda ingin foto tersebut
tampak berbicara seolah2 hidup dan bisa diputar di DVD (format
DVD/PAL), komputer (format AVI atau MPEG), handphone (3GP), atau
Website (format GIF)? Percayakan kami untuk menggarapnya. Di tangan
kami foto2 Anda menjadi begitu berarti.
Silahkan lihat atau download contoh2nya di link video Google
berikut. Anda pasti terkejut:
http://video.google.com/videoplay?docid=-8818188354111934097
http://video.google.com/videoplay?docid=3950041619250500620

#2: Kartun dari Foto
Ingin foto teman, pacar, istri, boss, atau foto Anda sendiri menjadi
profil kartun animasi yang lucu dengan wajah mirip foto asli? Bisa
diputar di DVD (format DVD/PAL), komputer (format AVI atau MPEG),
handphone (3GP), atau Website (format GIF)? Sebuah hadiah kejutan
yang akan menggembirakan Anda dan orang lain. Percayakan kami untuk
menggarapnya. Di tangan kami foto2 Anda menjadi begitu berarti.
Silahkan lihat atau download contoh2nya di link video Google
berikut. Anda pasti terkejut:
http://video.google.com/videoplay?docid=6511686695203579576
http://video.google.com/videoplay?docid=7697702278365985773

HUB:
Pegagajo (Studio Cipta Kreatif)
pegagajo@gmail.com
SMS: 0811-185-929
Pejaten, Jakarta Selatan
Recent Activity
Visit Your Group
Ads on Yahoo!

Learn more now.

Reach customers

searching for you.

Yahoo! Groups

Latest product news

Join Mod. Central

stay connected.

Y! Groups blog

The place to go

to stay informed

on Groups news!

.

__,_._,___

[daarut-tauhiid] Sudut pandang nyamuk.

Sahabat anggota milist dan tim moderator yang budiman,

Semoga di akhir pekan yang membahagiakan ini, sahabat berada dalam kesehatan yang prima dan kebahagiaan bersama keluarga tercinta yang merona.

.....

Menilai orang lain adalah keniscayaan. Setiap saat, serta untuk berbagai kepentingan, kita selalu menilai orang. Larangan atau himbauan untuk tidak menilai orang lain, selain tidak berguna, juga melepaskan diri dari keniscayaan kehidupan. Mungkin yang seharusnya kita hindari adalah merendahkan orang lain. Dan seperti dengan mudah kita amati, menilai tidak sama dengan merendahkan. Menyampaikan hasil penilaian buruk atas sebuah pribadi dengan santun dan penuh kasih sayang, bisa jadi merupakan sebaik-baiknya nasihat.

Kita memilih telur dari kulitnya; seperti kita memilih orang - dari yang bisa kita saksikan. Maka berhati-hatilah dengan penampilan Anda. Dunia ini tidak memiliki cara lain yang lebih cepat dalam membangun penilaian terhadap dan mengenai Anda, kecuali melalui yang dapat mereka lihat dari luar (Mario Teguh).

....

Tiga hari terakhir ini, saya pulang-pergi kerja menggunakan jasa angkutan umum. Ternyata begitu banyak pelajaran selama 3 x 2 x 120 menit perjalanan menempuh jarak 3 x 2 x 35 km. Salah satunya, saya kisahkan untuk kita semua, berikut ini.

Dalam pergaulan di jalan, saya menyaksikan dari jarak yang dekat, ada sebuah pribadi dengan gambaran seperti ini. Mukanya lusuh, kuyu dan kotor; hampir tidak berhenti menghisap rokok di tengah kepengapan metro mini; badannya bau; pakaiannya kotor dan merupakan seragam tidur; jari tangan kanannya kerempeng (seperti pernah terkena lepra); bicaranya kasar merendahkan orang lain; umpatannya hina dan kotor; menerobos lampu merah; memotong jalur kendaraan lain seenaknya; memakai sendal jepit; mukanya (maaf) jelek; rambutnya kotor; kumisnya panjang tidak teratur; membuang gelas plastik bekas minumnya di jalan raya; meludah di ruang kemudi; menghardik polisi. Dia adalah seorang supir metro mini.

Saya telah meminta beberapa kawan dekat untuk menilai pribadi ini, sisi baik apa yang dapat dinisbahkan kepada supir malang ini? Dari 4 orang kawan yang diminta pendapatnya, tidak ada yang mampu mengungkapkan sudut pandang sisi baik dari sang supir! Saya dan juga kawan-kawan merasa bahwa ongkos Rp. 3000 yang dibayarkan, telah membayar lunas peran dia mengantarkan kami ke tempat tujuan. Yang tersisa hanyalah rasa penyesalan, mengapa 'apes' naik metromini yang dikemudikan dia?
Mengapa ada sebuah pribadi yang sangat tidak menghormati (apatah mensyukuri) dirinya sendiri serta orang lain?

......

Sebenarnya, kita memiliki teknik sudut pandang yang mumpuni, untuk melihat sisi baik sesuatu yang buruk. Keyakinan pada wahyu bahwa tidak ada yang diciptakan sia-sia (sepenuhnya buruk), adalah latar belakangnya. Teknik ini populer dikenal sebagai sudut pandang nyamuk!
Dalam kegelisahan atas serangan nyamuk, kita senantiasa dapat melihat sisi baiknya yaitu : sangat banyak pribadi yang hajat hidupnya bergantung pada industri pengusir dan pembunuh nyamuk (teknik bakar, teknik semprot, teknik fogging, lotion, teknik penguapan elektrik dll). Belum lagi jaringan distrbusi dan penjualannya, penanganan sakit akibat nyamuk (poliklinik, rumah sakit dll) dan pemimpin atau lembaga yang menangani bidang kesehatan masyarakat.
Dengan teknik sudut pandang nyamuk ini, saya berhasil menemukan sisi baik sang supir. Eureka!

......

Sebuah koin pasti terdiri dari dua sisi. Menghilangkan salah satunya berarti pula menghilangkan koin tersebut. Seperti malam dan siang, meniadakan malam harus dengan menambahkan sebuah matahari yang sama pada posisi yang berseberangan. Dan bagi manusia, ini adalah hal yang mustahil - tidak mungkin. Meniadakan matahari, jauh lebih musykil karena akan membunuh kehidupan itu sendiri.

Jika kita, Anda dan saya, telah memilih kebaikan sebagai pilihan sisi kehidupan; maka siapakah yang telah berkenan memilih sisi kehidupan pasangannya, yaitu keburukan? Benar sekali! Sang supir beserta rekan-rekannya!
Memang tidak logis pilihan mereka, jika yang dipakai adalah sudut pandang kita. Mungkin pula, mereka memandang pilihan-pilihan kita tidak logis pula. Who knows!

Sekarang kita menemukan alasan yang paling hakiki, mengapa kita harus tetap hormat dan berkasih sayang kepada supir metromini dan rekan-rekannya itu. Karena tanpa mereka, kita tidak ada. Tanpa keburukan, kebaikan tidak ada. Tanpa pengikut keburukan, tidak ada pengikut kebaikan. Tanpa kualitas hina, tidak akan pernah ada kualitas mulia.
Jika keberadaan (eksistensi) manusia adalah rahmat terbesar dari Allah Swt, maka keberadaan mereka pada sisi keburukan adalah hal terbaik yang mereka sumbangkan bagi kita pada sisi kebaikan.

Untuk itu, saya mengundang diri saya dan Anda untuk :
Memberikan hormat terbaik kita pada mereka.
Senantiasa berkasih sayang pada mereka.
Menaruh harapan baik, bahwa siapa tahu mereka (atau keturunannya) akan merubah pilihannya
Memohonkan pada Allah Swt, semoga mereka mendapat petunjuk.
Senantiasa berupaya keras untuk tidak mengikuti pilihan-pilihan buruk mereka.

.....

Sahabat anggota milis yang budiman,

Terima kasih atas kesediaan Anda menerima sudut pandang yang sederhana ini. Semoga layak berdamping dengan sudut pandang Anda yang super lainnya.

Wassalam

Syarif Niskala
syarifniskala.wordpress.com

[Non-text portions of this message have been removed]

__._,_.___
===================================================
Menuju Ahli Dzikir, Ahli Fikir, dan Ahli Ikhtiar
===================================================
       website:  http://dtjakarta.or.id/
===================================================
Recent Activity
Visit Your Group
Y! Messenger

Files to share?

Send up to 1GB of

files in an IM.

Y! Groups blog

The place to go

to stay informed

on Groups news!

Yahoo! Groups

Latest product news

Join Mod. Central

stay connected.

.

__,_._,___

[daarut-tauhiid] Tips Mendirikan BMT yang Untung

Assalamu'alaikum wr wb,

AD/ART BMT bisa didownload di:
http://infoindonesia.wordpress.com

Banyak kita baca di media massa BMT yang merugi dan berguguran. Itu selain karena pengurus kurang profesional dan amanah juga karena strategi yang digunakan keliru. Misalnya pinjaman diberikan untuk pinjaman konsumtif seperti kredit motor. Padahal harusnya untuk pinjaman produktif sehingga bagi hasil bisa berjalan dan dinikmati.

Berikut bagi pengalaman yang diberikan oleh pak Ediyus di Riau yang berhasil mengembangkan BMT dari modal Rp 100 juta hingga menjadi Rp 3 milyar!

BMT secara badan hukum harus berbentuk koperasi, dalam prakteknya BMT di-awasi oleh PINBUK, sebagaimana juga koperasi pada umumnya, maka para pendiri diperbolehkan mempunyai hak-hak khusus. Mungkin untuk kriteria pendirian lebih baik bertanya langsung pada PINBUK, karena pada prinsipnya PINBUK tsb sama setiap daerahnya.

Dalam AD/ART, sebaiknya kita harus benar-benar membuat batasan tegas agar BMT tsb benar-benar berjalan sesuai dengan Syari'ah, biasanya poin yang sangat rentan adalah masalah bentuk-bentuk dan tatacara peminjaman, serta kemana dana yang dipinjamkan tsb digunakan.

Juga untuk mengantisipasi masuknya ide sekuler, maka pada AD/ART nya BMT yang akan dirikan, sebaiknya dibuat dipasal tentang hak suara... yaitu hak suara antara Anggota Istimewa dan Anggota Biasa... anggota Istimewa tadi yaitu para pendiri dan atau yang memiliki dana yang besar di BMT, memiliki hak suara lebih.... nah, jika ada anggota baru mau memasukan dana yang cukup signifikan, maka perlu persetujuan Anggota Istimewa tadi... Dan jangan lupa untuk menambahkan bahwa ide/usulan dari anggota, baru akan dijalankan setelah mendapat legalisasi dari dewan syariah.... dewan syariah biasanya terdiri dari alim ulama yang mengerti tentang bisnis Islami....

Karena berbentuk koperasi, tentunya modal awal BMT tidaklah besar, maka sebaiknya BMT didirikan disekitar pasar, karena sektor inilah yang paling menunjang pertumbuhan BMT. Kita bisa memberikan pinjaman dengan sistem mudharabah pada pedagang kecil, yang insya ALLAH bisa dihitung keuntungannya harian, jadi mereka bisa setor harian. Lagi pula BMT juga bisa mengeliminisir ijon atau rentenir. SubhanaLLAH, BMT Bina-Swadaya yang berada di Duri-RIAU, yang tadinya hanya bermodal sekitar 100Juta, saat ini sudah mengelola sekitar 3-milyar.

Sebaiknya BMT diarahkan pada pinjaman produktif, ketimbang konsumtif, banyak kegagalan terjadi ketika BMT tsb diawali dengan kegiatan konsumtif seperti pendanaan pembelian barang (sepeda motor, HP, perabot, dll), karena harta-harta yang dibelikan tsb kemungkinan besar tidak
menghasil nilai tambah dari segi ekonomi.

Lain halnya dengan pinjaman produktif, pihak BMT bisa memberikan pasal, untuk memberi-hak pada BMT untuk ikut campur-tangan dalam proses usaha, agar usaha tadi tidak jatuh. Tentunya BMT harus mengeluarkan ekstra effort untuk melakukan pembinaan mereka, namun hal tsb-lah nilai plus BMT, sehingga insya ALLAH kedepannya BMT bisa mencetak pribadi-pribadi muslim yang mandiri yang cekatan dalam berbisnis. Dan bisa mengangkat martabat mustahik menjadi muzakki, insya ALLAH.

Hmmm, mungkin segini dulu Akhi.... Afwan jika uraiannya kurang nyambung, jika ada pertanyaan lanjutan silahkan, insya ALLAH jika ana bisa menjawab akan ana jawab, jika tidak akan ana refer ke-teman yang lebih ahli.

Wassalaammu'alaykum wa rahmatuLLAHI wa barakatuh,
Ediyus Hz

Contoh Pola Bagi Hasil BMT dengan Pedagang/Pengusaha

Pinjaman modal ke tukang sayur
Pinjaman Rp 100.000
Penjualan= Rp 150.000
Biaya bahan baku dan operasional: Rp 100.000 (komponen biaya dimusyawarahkan antara pedagang dengan BMT)
Untung = Rp 50.000
Bagi hasil antara pedagang dengan BMT = 80:20
Pinjaman Rp 100.000 adalah modal yang harus dikembalikan selama 20 hari sebesar Rp 5.000/hari. Selama belum lunas, Bagi hasil terus berlaku sebelum peminjam dinyatakan default/tak mampu bayar (misalnya setahun). Bagi yang pinjaman macet karena malas/curang tidak akan dapat pinjaman lagi.

Jadi bagi hasilnya dari keuntungan Rp 50.000, pedagang dapat Rp 40.000 dan BMT dapat Rp 10.000.
Selain itu BMT dapat pengembalian modal Rp 5.000/hari hingga modalnya kembali semua.

Dalam 20 hari penerimaan BMT adalah Rp 15.000 x 20 = Rp 300.000

Meski dalam kurang sebulan BMT mendapat lebih dari 300%, tapi ini bukan rentenir. Ini bagi hasil. Jika merugi, maka diteliti kerugiannya apakah karena force majeur atau hanya karena malas. Kerugian karena malas hanya ditanggung oleh pedagang sendiri.

Ini beda dengan Bank yang meski mungkin lebih kecil, tapi jika tidak dilunasi, untung/rugi, maka pinjamannya akan terus berbunga sehingga seluruh harta bisa disita.

===
Syiar Islam. Ayo belajar Islam melalui SMS

Untuk berlangganan ketik: REG SI ke 3252

Untuk berhenti ketik: UNREG SI kirim ke 3252. Sementara hanya dari Telkomsel
Informasi selengkapnya ada di http://www.media-islam.or.id atau http://syiarislam.wordpress.com

__________________________________________________________
Be a better friend, newshound, and
know-it-all with Yahoo! Mobile. Try it now. http://mobile.yahoo.com/;_ylt=Ahu06i62sR8HDtDypao8Wcj9tAcJ

__._,_.___
===================================================
Menuju Ahli Dzikir, Ahli Fikir, dan Ahli Ikhtiar
===================================================
       website:  http://dtjakarta.or.id/
===================================================
Recent Activity
Visit Your Group
Ads on Yahoo!

Learn more now.

Reach customers

searching for you.

Weight Loss Group

on Yahoo! Groups

Get support and

make friends online.

Yahoo! Groups

Cat Zone

Connect w/ others

who love cats.

.

__,_._,___

<<< Belajar Desain >>> Printemps français 2008! (30 April > 19 Juni 2008)

Printemps français 2008 kembali hadir di Jakarta !

 

 

Memasuki usianya yang keempat, Festival Seni Budaya Prancis di Jakarta telah menjadi ajang pertemuan penting dalam kehidupan seni budaya di Jakarta. Sebagai perhelatan yang sangat dinantikan, edisi keempat ini (30 April - 19 Juni) menjadi lebih semarak dari tahun-tahun sebelumnya dengan penyanyi Prancis-Indonesia ANGGUN sebagai duta festival. Dukungannya bagaikan angin segar dalam perkembangan pertukaran budaya antara Prancis dan Indonesia serta menjadikan Festival Seni Budaya Prancis tahun ini lebih indah.

 

Perjalanan kita dimulai secara spektakuler : bertempat di Galeri Nasional Indonesia, CCF Jakarta membawa Anda menelusuri pameran De Paris à Jakarta (Dari Paris ke Jakarta) ; dinding galeri akan dihiasi oleh karya-karya koleksi seniman Prancis tahun 1950an mulai dari Kandinsky, Vasarely, Soulages, Delaunay dan banyak lagi. Karya-karya tersebut akan bersanding dengan lukisan seniman terkenal Indonesia pada periode yang sama serta beberapa kreasi kontemporer yang terinspirasi dari karya koleksi Prancis. Kunjungan selanjutnya tak kalah istimewa. Setelah melewati sebuah pintu, Anda akan menangkap alunan musik kamar yang cerdas dari Quatuor Diotima. Pintu berikutnya mengantarkan Anda pada dunia baru bersama penari hip hop dari kelompok Etha-Dam dengan kreasi koreografi mereka yang diberi sentuhan akrobasi. Berbelok di sebuah lorong, Anda akan bertemu dengan Pantomim Philippe Bizot yang akan membuat Anda terpesona dengan keheningannya. Ingin naik ke lantai atas ? Ikuti kelompok O Ultimo Momento yang tidak memerlukan tangga namun menggunakan sebuah tiang. Jika Vincent Gapaillard, fotografer mode yang sedang memperbaharui genre mode dan dilirik para desainer ternama membukakan pintu menuju dunia fantastis dengan karya fotonya, maka les frères Ferré, penerus sang Django Reinhardt, akan memainkan gitar gipsi bernuansa jazz. Ketika tirai dibuka, Anda akan berada di lantai dansa ! Para DJ Didier Sinclair dan The Micronauts mampu membuat Anda terjaga sepanjang malam dengan ''French touch'' yang selalu dinantikan oleh penggemar musik elektronik di seluruh dunia. Para tetangga lantai atas, X-Makeena, menjanjikan sebuah pesta musik yang heboh dengan konser drum'n'bass dan hip hop dalam dunia khayalan penuh kegilaan. Festival kita tahun ini diakhiri dengan sebuah pertunjukan luar biasa La Bossa Fataka de Rameau, yang dibawakan oleh kelompok José Montalvo-Dominique Hervieu, sebuah perpaduan antara musik karya Rameau dan koreografi tari balet kontemporer yang brilian, lucu dan mengejutkan benar-benar menjadi acara puncak yang cemerlang pada musim budaya ini.

 

Festival Seni Budaya Prancis di Jakarta merupakan sebuah tantangan yang berani : memberikan sebuah program multidisipliner dan berkualitas kepada masyarakat Jakarta. Kami dengan bangga mengundang berbagai seniman Indonesia berbakat seperti maestro adibusana Harry Darsono hingga pianis muda penuh talenta Randy.

 

Saat ini, festival sudah memiliki mitra kerja dan sponsor pencinta seni yang setia dan terus bertambah setiap tahunnya.

Mereka jugalah yang merupakan jantung festival ini sekaligus bukti nyata bahwa rangkaian acara seperti ini akan terus berkembang.

 

Selamat menikmati Printemps Français 2008 !

 

 

 Hubungan media :

Astri Onengan

Hp. 0815 91 36 090

astri.onengan@ccfjakarta.or.id

info@ccfjakarta.or.id - ecrire@ccfjakarta.or.id

http://www.ccfjakarta.or.id

 

 

Printemps français 2008 terselenggara berkat dukungan dari dan kerjasama dengan :

 

Official Sponsors :

Total / Hotel Le Méridien / Aqua Danone / Carrefour /  BNP Paribas / Thales / Tauzia-Harris / Alstom / SDV / Embassy / Sopexa / Big Bird / Air France / Plaza Indonesia - eX Plaza / Epicure / Ranch Market / Rentalindo / L'Oréal

 

Official Partners:

IRD / CIRAD / CIFOR / Galeri Nasional Indonesia / Gedung Kesenian Jakarta / TIM / DKI / Enjoy Jakarta / Enjoy Jakarta – Culture & Heritage / Future 10 / Javabass

 

Media Partners:

Femina / Pesona / Dewi / Gadis / Cita Cinta / Seventeen / Cleo / Fit / Reader's Digest / 94.7 U FM / Metro TV / O Channel / KOMPAS / KOMPAS URBANA / The Jakarta Post / Jalan Jalan / Jakarta Java Kini / Djakarta ! Magazine / 90.8 FM Radio OZ / 89.2 FM Green Radio / www.Jakarta-Night.com / 97.5 FM Otomotion

     

 

 

 

Acara

 

Hari/Tanggal

 

 

Waktu

 

Lokasi

 

1.

 

Pembukaan festival Le Printemps Français

pameran seni rupa

« De Paris à Jakarta »

Pameran

 

Rabu, 30 April

 

 

 

1 s.d 13 Mei

 

19.00

 

Galeri Nasional Indonesia

(Terbuka untuk umum)

 

2.

 

Musik Klasik

« Quator Diotima »

 

Sabtu, 10 Mei

 

19.00

 

Erasmus Huis

(Gratis - Untuk Umum – de,)

 

3.

 

 Mode « Vincent Gapaillard »

 

Kamis, 15 Mei

 

19.00

 

Plaza Indonesia

 

4.

 

Seminar ilmiah

« L'homme & Les fôrets »

oleh IRD – CIRAD –CIFOR

 

Pameran

 

Kamis, 22 Mei

 

 

 

19 s.d 25 Mei

 

10.00

 

 

 

 

Hotel Le Meridien

(Gratis - Untuk Umum)

 

 

#

 

5.

 

Tari hip hop

« Aduna » Cie Etha Dam

 

Minggu, 25 Mei

 

17.00

 

eX Plaza

(Demo 30 min - Gratis - Untuk Umum)

 

 

 

 

Selasa, 27 mei

 

20.00

 

Graha Bhakti Budaya – TIM

(Dengan tiket)

 

6.

 

DJ Didier Sinclair

 

Sabtu, 31 Mei

 

22.00

 

Embassy

 

7.

 

Konser musik gitar gypsi « Frères Ferré »

 

Selasa, 3 Juni

 

20.00

 

Gedung Kesenian Jakarta

(Dengan tiket)

 

8.

 

Pantomim oleh Philippe Bizot

 

Jumat, 6 Juni

 

16.00

 

Gedung Kesenian Jakarta

(Gratis – Pertunjukan khusus untuk murid SLB)

 

 

 

Jumat, 6 Juni

 

20.00

 

Gedung Kesenian Jakarta

(Dengan tiket)

 

 

 

 

Sabtu, 7 Juni

 

19.00

 

Taman Menteng

(Gratis – Untuk Umum)

 

9.

 

Konser musik drum& bass

« X-Makeena »

 

Sabtu, 14 Juni

 

#

 

eX Plaza

 

10.

 

DJ The Micronauts

 

Sabtu, 14 Juni

 

22.00

 

Embassy

 

11.

 

Sirkus kontemporer

« peut-être »

Cie O Ultimo Momento

 

Selasa, 17 Juni

 

20.00

 

Graha Bhakti Budaya – TIM

(Dengan tiket)

 

12.

 

Tari kontemporer

« La Bossa Fataka de Rameau »

Cie Montalvo-Hervieu

 

Kamis, 19 Juni

 

20.00

 

Graha Bhakti Budaya – TIM

(Dengan tiket)

 

# detil informasi acara dalam tahap konfirmasi

 

__._,_.___
BELAJAR DESAIN [: designers open community]

! LETS FEEL & SHARE ABOUT ALL KIND OF DESIGN !
[ achitecture, interior, graphic, product, visual communication, art, music, dancing, theatre, photography, film & cinematography, writing, fashion, and other kind of design ]
Recent Activity
Visit Your Group
Moderator Central

An online resource

for moderators

of Yahoo! Groups.

Do-It-Yourselfers

Find Y! Groups

on Lawn & garden,

homes and autos.

John McEnroe

on Yahoo! Groups

Join him for the

10 Day Challenge.

.

__,_._,___